Tanaman Kumis Kucing Sebagai Tanaman Obat yang Bermanfaat

July 28, 2017
Tanaman Kumis Kucing mempunyai nama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman Kumis adalah famili Lamiaceae/Labiatae. Tanaman Kumis Kucing biasanya digunakan untuk tanaman obat, asli dari Indonesia. Tanaman Kumis Kucing ini sangat sering digunakan untuk mengatasi banyak macam penyakit.

Berikut adalah nama-nama dari tanaman Kumis Kucing diberbagai daerah di Indonesia :

Kumis kucing biasa digunakan oleh orang Melayu, Sumatera dan Sunda.
Remujung adalah adalah nama lain dari Tanaman Kumis Kucing, biasa digunakan di Jawa.
Se-salaseyan, songkot koceng adalah nama lain dari Tanaman Kumis Kucing, biasa digunakan di Madura.


Tanaman Kumis Kucing - Bunga Cantik

Tanaman Kumis Kucing merupakan tanaman obat asli Indonesia yang banyak tersebar di Seluruh Indonesia, biasanya berbatang basah dan tegak. Ada banyak sekali istilah yang digunakan untuk menyebut tanaman kumis kucing ini. Misalnya : Kidney tea plant, giri-giri marah, remujung, dan songot koneng. Tanaman kumis kucing ini sendiri yaitu berasal dari wilayah Afrika Tropis, dan lalu tersebar ke seluruh wilayah di Asia dan Australia, termasuk Indonesia.

Ciri utama tanaman kumis kucing ini adalah terletak pada bagian bunga. Bunga pada tanaman kumis kucing mempunyai kelopak yang berkelenjar, urat serta pangkal bulunya pendek, dan sangat jarang. Sedangkan pada bagian paling atas dar tanaman Kumis kucing adalah gundul. Buah Geluk yang mempunyai warna coklat cukup gelap.

Tanaman kumis kucing merupakan tumbuhan terna tegak, dengan bagian bawah mempunyai akar pagi bagian-bagiannya. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 2,5 meter. Batang dari kumis kucing berbentuk segi empat dengan sedikit alur dengan bulu pendek.

Bentuk dari daunnya adalah bundar sedikit lonjong, seperti bula telur atau belah ketupat yang dimulai dari ujungnya. Panjang rata-rata dari daun tanaman kumis kucing adalah 2-11 cm sedangkan untuk permukaannya mempunyai bintik-bintik. Itu disebabkan karena adanya kelenjar dengan jumlah yang cukup banyak pada tanaman kumis kucing. Untuk panjang dari tangkainya kurang lebih 8-32 cm.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing bisa dipakai untuk mengatasi banyak penyakit, khususnya di Indonesia. Manfaat dan khasiat dari kumis kucing ini sendiri adalah untuk memperlancar air kandung kemih. Sedangkan di negara India, tanaman kumis kucing ini biasa digunakan untuk mengobati penyakit rematik.


Manfaat dan Khasiat Tanaman Kumis Kucing - Bunga Cantik


Biasanya, masyarakat indonesia menggunakan kumis kucing ini untuk obat tradisonal pengganti obat-obat dari apotek yang terkenal dengan adanya zat-zat kimia. Khasiat dari kumis kucing ini adalah untuk mengobati radang ginjal, batu ginjal, albuminuria, sifilis, rematik, dan dapat menurunkan gula darah. Satu lagi yang tidak kalah penting, tanaman kumis kucing dapat digunakan untuk anti bakteri pada tubuh Manusia.

Artikel Terkait

First